EKONOMI
KREATIF HARUS MENGENAL ONLINE SHOP
Apa yang anda ketahui mengenai
ekonomi kreatif??? Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep baru dalam dunia
perekonomian di Indonesia yang berisi ide-ide dan pengetahuan dari manusia itu
sendiri. Di Indonesia sendiri, ekonomi kreatif memang sedang digalakkan di
kalangan pengusaha muda/entrepreneur. Banyak ekonomi kreatif bekerjasama dengan
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk melancarkan usahanya salah satunya yaitu
Toko Online Bukalapak bekerjasama dengan Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif). Namun
banyak sekali faktor penghambat lajunya
pertumbuhan ekonomi kreatif diantaranya dari segi pemasaran. Karena di tahun ini,
penggunaan teknologi menjadi acuan dalam dunia pemasaran. Salah satu cara untuk mengefektifkan
komunikasi dalam dunia pemasaran yaitu dengan penggunaan online shop atau
bertransaksi dengan online/koneksi internet. Ada alasan mengapa penggunaan
online shop sangat digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini, diantaranya :
1. Toko Online sangat mudah dikenal di kalangan masyarakat.
2. Mempermudah siapa saja yang ingin membeli
3. Mereka yang jauh jaraknya dapat membeli hasil karya ekonomi
kreatif hanya dengan sistem e-commerce
4. E-commerce akan menjadi raja marketing di masa depan
5. Hemat biaya pemasaran
6. Dengan sistem online, barang yang diperjual belikan dapat
dipaparkan secara mudah tanpa bertemu dengan calon pelanggan.
7. Produk dapat dilihat di berbagai media seperti mobile phone,
tablet dan komputer desktop
8. Pelaku ekonomi kreatif dapat menghemat waktu mereka untuk
strategi pemasaran
9.
Mengurangi
karyawan marketing dan otomatis itu mengurangi biaya pemasaran.
Namun, saat ini banyak pelaku
ekonomi kreatif yang kebingungan untuk melakukan e-commerce. Seharusnya yang
harus dipersiapkan dalam e-commerce adalah pengalaman suatu perusahaan yang
menjual jasa pembuatan online shop bukan dari sistemnya. Tetapi diharapkan bagi
para pemuda Indonesia mampu membuat software e-commerce sendiri agar ekonomi
kreatif dapat berjalan dengan lancar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar