WELCOME IN MY BLOG

Rabu, 04 November 2015

TULISAN3_SS_PENGANTAR BISNIS CARA KOMUNIKASI YANG BAIK

Assalammu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara berkomunikasi yang baik. Komunikasi adalah penyampaian pesan dari pihak komunikator kepada pihak komunikan untuk mencapai suatu tujuan yaitu saling memahami antar satu sama lain.Menurut Onong Uchjana Effendy komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media).Terdapat 5 unsur dalam berkomunikasi menurut Lasswel :
a. What(apa yang dibicarakan)
b.Who(siapa/sumber)
c. In Which Chanel(saluran/media)
d. To Whom(siapa/penerima)
e. With What Effect(apa dampak yang diberikan)
Seperti yang telah kita ketahui komunikasi sangat berperan penting untuk berinteraksi dengan orang disekitar kita.Namun sering kali masyarakat tidak mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang baik.Seperti ketika kita sedang melakukan presentasi sering sekali kita menggunakan bahasa yang tidak efektif seperti "Ada yang mau tanya?" seharusnya " Apakah ada yang ingin ditanyakan dari presentasi saya ini?", "bagaimana sudah puas?" seharusnya disebutkan objek kepuasan dari penanya dalam presentasi tersebut seperti
"Apakah saudara sudah puas dengan jawaban yang saya berikan?" . Maka dari itu kita sebaiknya menyeimbangkan ketika kita berada dalam suatu situasi yang formal maupun informal.
Berikut ini saya akan memberikan cara presentasi yang baik :
   1. Persiapkan mental
       Salah satu hal utama yang wajib dipersiapkan dalam presentasi adalah mental. Ketika kita berhadapan di depan audiens kita dituntut untuk bersikap sopan,berperilaku baik serta mampu berkomunikasi secara efektif. Selain itu jangan lupa kita harus berdo'a untuk meminta kemudahan kepada Allah SWT serta meminta restu kepada kedua orangtua.
   2. Persiapkan materi yang akan dibahas
        Jika mental sudah siap maka kita pasti akan siap dengan pembawaan materi yang akan dibahas.Materi yang ingin disampaikan haruslah jelas,akurat dan mudah dipahami.
  3. Jangan terpaku pada slide
        Jika dalam presentasi menggunakan power point biasanya cenderung terfokus pada slide. Hal ini akan berakibat pada tidak terfokusnya penyampaian materi kepada audiens. Maka dari itu, perlu perilaku yang menampakkan bahwa kita memang benar-benar sudah siap dalam penguasaan materi,sering melakukan improvisasi tetapu tidak melenceng dengan materi yang akan dibahas.
  4. Jangan berdiri pada satu titik
       Dalam presentasi sering kita mengalami gugup sehingga penguasaan materi menjadi lupa atau hilang seketika. Biasanya orang yang presentasi hanya terfokus pada satu titik/tidak berpindah-pindah.Untuk mengatasi hal tersebut disarankan untuk berpindah-pindah dalam arti dekati audiens atau bahkan berada diantara audiens. Hal ini akan menciptakan suasana akrab serta dekat dengan audiens.
5.  Gunakan bahasa yang efektif
      Dalam presentasi gunakanlah bahasa yang efektif dan komunikatif yaitu pergunakan bahasa yang sopan,formal,dan mudah dipahami. Bahasa formal adalah bahasa yang digunakan dalam situasi resmi dan didasarkan pada aturan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sedangkan,bahasa informal adalah bahasa yang digunakan dalam situasi non formal dan tidak tersusun kaidah serta aturan dari KBBI ( bebas dalam penggunaan bahasanya).Bahasa formal dan informal juga memiliki tempat tersendiri artinya harus dipertimbangkan keberadaan kita.Contoh penggunaan bahasa formal dan informal :
  > Dalam situasi ketika kita berbicara dengan teman kita pasti kita menggunakan bahasa informal tidak menggunakan bahasa formal,seperti: apakah engkau sudah makan siang hari ini? sebagian orang berpendapat sah-sah saja tetapi dilihat dari lawan bicara kita. Maka dari itu ketika kita berbicara dengan teman kita pasti menggunakan bahasa informal,seperti : woy,lu udah makan belum?
> Ketika presentasi di kantor dengan manager pasti kita menggunakan bahasa formal atau resmi karena situasinya berada dalam keadaan resmi. Maka dari itu perlu penggunaan kata-kata baku dalam penyampaian presentasi tersebut.
 Demikian sedikit cara yang harus diperhatikan dalam presentasi semoga bermanfaat untuk kita semua.
Wassalammu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_definisi_komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar