Assalammu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Dalam komunikasi pemasaran diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang terdapat pada bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini, hal tersebut semakin berkembang tidak hanya dalam hal product, promotion, dan price. Namun juga mengenai place, people, process, dan physical evidence. Pada kesempatan kali ini saya akan mengamati Marketing Mix dari restoran Bakso Tukul Arwana. Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana marketing mix dari usaha tersebut :
1. Product
Produk yang ditawarkan pada restoran ini yaitu makanan dan minuman.Makanan yang dijual pada restoran ini yaitu Bakso.Tetapi bakso yang dijual di restoran ini berbeda dengan bakso pada umumnya karena bakso yang dijual pada restoran ini memiliki varian rasa yang unik dan juga enak. Restoran tersebut memberikan pelayanan yang sangat ramah kepada konsumen. Seperti contoh, ketika konsumen memasuki area restoran tersebut sang pelayan akan memberikan senyuman dan sapaan berupa "Selamat datang di Bakso Tukul Arwana" kemudian sang pelayan tersebut akan mempersilahkan konsumen tersebut untuk duduk. Selain keramahan pelayan pada restoran tersebut, mereka juga sangat cepat dalam hal penyajian makanan sehingga tidak membuat konsumen menunggu lama.
2. Price
Restoran ini menetapkan harga untuk setiap makanan dan minuman yang dipesan cukup terjangkau. Hal ini setara dengan rasa makanan yang disajikan yaitu enak,sedap dan juga halal. Karena restoran ini menjual menu utama yaitu Bakso,maka yang digunakan adalah daging sapi asli dan juga berkualitas sehingga para konsumen tidak perlu mengkhawatirkan kualitas juga harga yang cukup terjangkau tersebut.
3. Place
Restoran ini berada dalam pusat perbelanjaan yang ada di kota Tangerang. Restoran ini memiliki tempat yang sangat strategis, karena berada dalam keramaian pengunjung pusat perbelanjaan tersebut. Selain itu, restoran ini tidak sulit untuk menemukannya karena berada pada lantai 2 dari basement atau tempat parkir pusat perbelanjaan tersebut. Selain itu tempatnya yang bersih,nyaman membuat setiap konsumen betah berlama-lama untuk makan di restoran tersebut.
4. Promotion
Karena restoran tersebut berada dalam pusat perbelanjaan, mereka mempromosikan restoran tersebut dengan memperlihatkan brosur yang ada di restoran tersebut. Hal ini ditujukan agar pengunjung pusat perbelanjaan tersebut melihat atau bahkan penasaran dengan sesuatu yang ditujukan kepada salah satu pegawai restoran tersebut yang sedang mempromosikan produk mereka. Selain itu,restoran tersebut mempromosikan produk mereka melalui media sosial seperti Facebook,Instagram dan juga melalui media elektronik yaitu Televisi.
5. People
Kepuasan pelanggan pasti akan menjadi prioritas setiap tempat usaha.Para karyawan pada restoran tersebut memiliki attitude yang baik yaitu keramahan yang baik, penuh dengan senyuman, dan sangat memprioritaskan kebutuhan konsumen.Selain itu mereka sangat memperhatikan penampilan,body language serta tutur kata yang santun sehingga membuat konsumen merasa dimanjakan oleh pegawai restoran tersebut.
6. Process
Pelayanan disana sangat cepat yaitu ketika kita ingin memesan makanan,maka sang pelayan akan dengan singgap berada disamping kita sembari membawa menu.Bukan hanya itu saja pelayan akan menerangkan berbagai macam menu dengan sangat detail sehingga kita pun dapat mudah memahami dan memilih menu yang akan kita pesan.
Dalam komunikasi pemasaran diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang terdapat pada bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini, hal tersebut semakin berkembang tidak hanya dalam hal product, promotion, dan price. Namun juga mengenai place, people, process, dan physical evidence. Pada kesempatan kali ini saya akan mengamati Marketing Mix dari restoran Bakso Tukul Arwana. Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana marketing mix dari usaha tersebut :
1. Product
Produk yang ditawarkan pada restoran ini yaitu makanan dan minuman.Makanan yang dijual pada restoran ini yaitu Bakso.Tetapi bakso yang dijual di restoran ini berbeda dengan bakso pada umumnya karena bakso yang dijual pada restoran ini memiliki varian rasa yang unik dan juga enak. Restoran tersebut memberikan pelayanan yang sangat ramah kepada konsumen. Seperti contoh, ketika konsumen memasuki area restoran tersebut sang pelayan akan memberikan senyuman dan sapaan berupa "Selamat datang di Bakso Tukul Arwana" kemudian sang pelayan tersebut akan mempersilahkan konsumen tersebut untuk duduk. Selain keramahan pelayan pada restoran tersebut, mereka juga sangat cepat dalam hal penyajian makanan sehingga tidak membuat konsumen menunggu lama.
2. Price
Restoran ini menetapkan harga untuk setiap makanan dan minuman yang dipesan cukup terjangkau. Hal ini setara dengan rasa makanan yang disajikan yaitu enak,sedap dan juga halal. Karena restoran ini menjual menu utama yaitu Bakso,maka yang digunakan adalah daging sapi asli dan juga berkualitas sehingga para konsumen tidak perlu mengkhawatirkan kualitas juga harga yang cukup terjangkau tersebut.
3. Place
Restoran ini berada dalam pusat perbelanjaan yang ada di kota Tangerang. Restoran ini memiliki tempat yang sangat strategis, karena berada dalam keramaian pengunjung pusat perbelanjaan tersebut. Selain itu, restoran ini tidak sulit untuk menemukannya karena berada pada lantai 2 dari basement atau tempat parkir pusat perbelanjaan tersebut. Selain itu tempatnya yang bersih,nyaman membuat setiap konsumen betah berlama-lama untuk makan di restoran tersebut.
4. Promotion
Karena restoran tersebut berada dalam pusat perbelanjaan, mereka mempromosikan restoran tersebut dengan memperlihatkan brosur yang ada di restoran tersebut. Hal ini ditujukan agar pengunjung pusat perbelanjaan tersebut melihat atau bahkan penasaran dengan sesuatu yang ditujukan kepada salah satu pegawai restoran tersebut yang sedang mempromosikan produk mereka. Selain itu,restoran tersebut mempromosikan produk mereka melalui media sosial seperti Facebook,Instagram dan juga melalui media elektronik yaitu Televisi.
5. People
Kepuasan pelanggan pasti akan menjadi prioritas setiap tempat usaha.Para karyawan pada restoran tersebut memiliki attitude yang baik yaitu keramahan yang baik, penuh dengan senyuman, dan sangat memprioritaskan kebutuhan konsumen.Selain itu mereka sangat memperhatikan penampilan,body language serta tutur kata yang santun sehingga membuat konsumen merasa dimanjakan oleh pegawai restoran tersebut.
6. Process
Pelayanan disana sangat cepat yaitu ketika kita ingin memesan makanan,maka sang pelayan akan dengan singgap berada disamping kita sembari membawa menu.Bukan hanya itu saja pelayan akan menerangkan berbagai macam menu dengan sangat detail sehingga kita pun dapat mudah memahami dan memilih menu yang akan kita pesan.
7. Pyhsical Evidence
Restoran ini memiliki warna identitas yaitu warna terang yaitu kuning,hijau serta merah. Hal ini mungkin merupakan salah satu strategi pemasaran bahwa dengan menggunakan tema warna yang terang dari desain suatu restoran akan menimbulkan daya tarik pembeli untu membeli produk kita. Begitupun yang diusung oleh restoran Bakso Tukul Arwana.
Demikian analisa saya mengenai bauran pemasaran Restoran Bakso Tukul Arwana semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dalam memulai sebuah usaha untuk memperhatikan aspek-aspek pemasaran.
Assalammu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar