Analisa
Letak Tempat Usaha Ratu Bebek
Zaman sekarang banyak orang yang mendirikan tempat usaha/bisnis. Sebelumnya apa yang anda ketahui tentang bisnis? Bisnis adalah usaha yang dilakukan oleh satu orang atau lebih baik yang berbentuk pribadi maupun perusahaan yang menghasilkan suatu barang atau jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan/laba. Tempat usaha yang saya amati bernama “RATU BEBEK GORENG”. Restoran yang berdiri selama 5 tahun ini merupakan restoran yang menyajikan sebuah seafood dengan menu utama yaitu bebek goreng. Restoran ini terletak di perempatan Jalan Cemara Raya No 24 Perumnas 1 Karawaci Tangerang Banten.
Letak tempat
usaha yang berada dekat dengan pasar Malabar, membuat suasana di kawasan ini
ramai. Konsep tempat usaha ini bernuansa saung dengan suasana restoran yang sejuk,nyaman dan aman. Strategi pemasaran yang dipakai pada restoran ini yaitu konsep tradisional, sejuk, serta penataan
dapur yang berada di depan restoran membuat suasana berbeda pada restoran ini,karena
pengunjung bisa melihat cara pemasakan makanan tersebut secara langsung dan bagi konsumen yang tidak sempat pergi ke restoran tersebut terdapat layanan delivery ( pesan antar ).
Beginilah suasana ramai yang terjadi dekat dengan kawasan restoran
tersebut.
Sesuai dengan nama restoran tersebut yaitu RATU BEBEK GORENG, restoran ini
tentu menyajikan menu utama yaitu bebek goreng dengan bahan baku yang tentunya
berupa seekor bebek. Selain itu terdapat juga ikan,udang,cumi – cumi,kepiting dll. Berdasarkan analisa saya tempat usaha tersebut cenderung sepi dari konsumen. Menurut salah satu pegawai tersebut sudah 2 bulan ini pengunjung di restoran tersebut berkurang jumlahnya. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya kurangnya sarana pendukung seperti sarana hiburan dalam hal ini televisi yang kurang besar, pertunjukkan musik, lahan parkir yang kecil.
Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam mendirikan suatu tempat usaha diperlukan perencanaan yang matang baik dari segi lokasi/letak, pemasaran, keuangan dll. Walaupun keberadaan suatu tempat usaha dekat dengan keramaian bukan berarti tempat usaha tersebut ramai didatangi konsumen.Maka dari itu, diperlukan ide-ide kreatif seperti penambahan fasilitas yaitu layanan wifi gratis,gratis minuman atau makanan ketika kita membeli dalam jumlah banyak,atau apapun itu. Demikian hasil analisa saya semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua terutama bagi para pemula usaha yang ingin mewujudkan usaha yang cerdas,terjangkau,dan juga sukses.
Wassalammu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar